Tutorial membuat antena kaleng 1

Senin 16 April 2007

Hola..

Dodol benar saya ini, besok pagi adalah Ujian Nasional 2007 hari pertama yaitu Bahasa Indonesia namun sempat-sempatnya saya meng-update Blog saya ini, yah itung-itung nyenengin para komunitas IT yang lapar akan ilmu seperti saya ini. Anyway karena akhir-akhir ini saya sering merenung tentang masa depan saya di depan kelas sambil memandangi Tower HotSPot akhirnya saya mendapat ide untuk memasukan artikel tentang membuat antena kaleng spesial saya masukan agar masyarakat / mahasiswa yang tidak punya uang untuk berlangganan Internet dirumah bisa menembak dari Hotspot-hotspot GRATIS yang bertebaran di kawasan jakarta dengan menggunakan antena kaleng ini. artikel ini saya ambil dari berbagai sumber dan URL-nya akan saya cantumkan agar mempermudah bagi anda untuk mengaksesnya. GBU ;)

 

Wireless Kaleng Susu

 

Jangan buang kaleng di rumah Anda. Daur ulang sebagai antena wireless murah meriah.

Konsep dasar gaya hidup hijau, yakni reuse, refill, dan recycle, juga berlaku di dunia teknologi informasi. Hal ini dibuktikan oleh Muhammad Salahuddien Manggalany atau yang akrab dipangil Didin atau Pataka. Didin mendaur ulang kaleng menjadi antena wireless LAN. Awalnya memang isengiseng sebagai wadah eksperimental, namun kini, bisnis ini telah menjadi lahan baru yang cukup menjanjikan.

Sebenarnya isitilah antena kaleng bukan penyebutan yang benar. Sebab, kaleng dalam keseluruhan antena ini, hanya berfungsi sebagai balancing saja.Didin menganalogikan dengan antena helical pada HT yang sebenarnya hanya balancing, bukan antena.

Didin mulai menekuni bisnis pembuatan antena kaleng sejak tahun 2002. Awalnya, Didin yang melakukan bersama Bino Utomo ini, menggunakan kaleng susu anaknya sebagai bahan eksperimen. Sayang sekali, saat itu spectrum analyzer susah dicari sehingga Didin dan Bino tidak bisa menganalisis performance antena kaleng buatan sendiri.

Mereka hanya menganalisis berdasarkan jarak jangkauan dan stabilitas koneksi saja. Sedangkan signaling tidak bisa dianalisis tanpa tool. Jadi, saat itu tidak diperoleh data kebocoran sinyal, adanya spletter ke frekuensi lain, dan lain sebagainya.

Lambat laun, Didin mulai menganalisis sendiri berdasarkan trial and error. Dan berhasil menemukan beberapa titik kritis dalam pembuatan antena kaleng. Misalnya, antena kaleng itu umumnya punya sudut pancaran (beamwidth) 15 derajat. Hal ini diketahui dengan membandingkan sudut pancaran signal antena jadi.

Didin juga memanfaatkan secara maksimal panduan-panduan mengenai antena wireless yang ada di Internet.Tak jarang Didin mencari orang yang dianggap pakar untuk diajak berdiskusi.

Dari hasil trial and error, diskusi, mencoba lagi, eksperimen, dan panduan di Internet, Didin akhirnya menemukan cara optimal merakit antena kaleng.

Cara-cara optimal tersebut meliputi perhitungan ideal, teknis pemasangan, hingga mekanisme pointing yang benar. Hasilnya, antena kaleng buatan Didin berani diadu dengan antena wireless orisinal.

Saat sudah menemukan teknik ideal perakitan antena kaleng, terjadi hal yang menguntungkan di dunia Internet Indonesia. Yakni tren layanan baru Internet Service Provider (ISP) yang menyediakan aplikasi wireless mulai marak. Di samping itu, banyak ISP yang mengubah topologinya dengan misi mendekatkan diri ke konsumen. Yakni konfigurasi dan topologi jaringan wireless LAN outdoor low range dengan maximum density.

“Maksudnya,” lanjut Didin, “ISP mendirikan Base Transmission Station (BTS) baru di sekitar konsentrasi kliennya, dengan jangkauan rendah (sekitar 1-2 km) untuk menjangkau pelanggan yang terkonsentrasi di daerah tersebut.”

Teknik Pemasangan
Pembuatan antena kaleng sendiri melalui beberapa tahap. Tahap pertama adalah pembuatan antena kaleng itu sendiri. Dilanjutkan dengan pemasangan dan pointing. Panduan langkah demi langkah pembuatan antena kaleng kami sertakan dalam boks khusus di akhir artikel ini. Panduan tersebut dibuat khusus untuk PC Media. Dan diperagakan oleh dua orang staf Didin, yakni Andi Fauzi Firdaus dan Erwan Noor.

Ada beberapa hal yang perlu dipahami sebelum melakukan instalasi. Yakni, gunakan perhitungan Link Budget Calculator dari http://www.satsig.net/link-budget.htm. Dan untuk kalkulasi site survey menggunakan situs http://www.cplus.org/rmw/english1.html.

Setelah terpasang dan sudah di-pointing, bandingkan gain antena wave guide dengan antena existing link yang sudah ada. Pasang antena di tower atau pipa kemudian lakukan pointing sampai maksimal dan siap digunakan.

Jangan lupa, perhatikan cuaca untuk keselamatan antena dan radio. Jangan pernah melakukan pointing saat mendung, apalagi hujan. Baik di lokasi pemasangan atau di ISP yang hendak dituju. Bagaimanapun, antena wave LAN, baik kaleng atau orisinal, masih sensitif terhadap cuaca.

Beragam Bentuk Berbeda Cara
Ada perangkat radio yang sudah memiliki mini HUB di dalamnya. Seperti produk Iconnect. Namun, ada juga yang masih konektornya UTP biasa, seperti produk Compex, Senao, Planet, dan lain sebagainya.

Untuk perangkat radio yang sudah memiliki mini HUB atau mini router atau NAT gateway, bisa langsung dipasang ke komputer pengguna, tanpa melewati router lagi. Namun, jika model perangkat radio yang dipasang masih tipe bridging biasa, dibutuhkan router. Terutama jika koneksi hendak di-share ke beberapa klien.

Namun jika hanya untuk satu single user, bisa langsung dipasang melalui ethernet card. Menurut Didin, ISP di Indonesia umumnya memilih produk yang sudah memiliki router atau NAT gateway. Sebab, selain lebih mudah pengaturan atau setting-nya, juga topologinya lebih fleksibel.

Setelah siap dipasang, tinggal pointing untuk mencapai sinyal dari ISP. Menurut Didin, antena yang sudah dirakit dengan cara seperti ini bisa menjangkau 1 hingga 2 km.

Untung Wafer
Sayangnya, Didin yang juga menjadi Dewan Presidium IndoWLI (komunitas pegiat wireless Indonesia) ini belum tertarik menjadikan bisnis antena kaleng sebagai usaha dalam skala besar. Dengan entengnya, Didin mengaku bahwa sering kali dia mengerjakan antena kaleng hanya memperoleh keuntungan berupa wafer yang dimakan karena kalengnya hendak digunakan sebagai bahan utama antena.

Naluri bisnis Didin yang rendah, muncul karena alasan idealis. Menurut Didin, “Membuat antena kaleng itu dasarnya cuma eksperimen dan hobi. Selain mengajak orang supaya jadi pintar.” Didin, khususnya dalam penyediaan jasa pembuatan antena kaleng, sebenarnya hanya melayani kalangan pengguna yang suka eksperimen, bukan komersial murni. Dan ongkos pengerjaan pun disebutnya sebagai “biaya kemalasan” orang yang tidak mau eksperimen sendiri atau masih takut mengambil risiko peralatan radio.

Sering kali orang datang ke Didin membawa material sendiri. Di tempat Didin, mereka meminjam peralatan yang relatif lengkap dan meminta supervisi saja. Jangankan menerima ongkos, Didin malah lebih sering harus menyediakan suguhan kepada para tamu yang seperti ini. Namun dia tidak keberatan. Sebab, klien tipe seperti ini kebanyakan adalah mahasiswa dan teman-teman sendiri.

Ke depannya, Didin tidak berharap banyak dari bisnis yang semestinya sangat prospektif ini. Pria yang masih menjalani kuliah di Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang ini, hanya berharap semakin banyak orang mencoba dan berani menggunakan antena buatan sendiri. Secara bisnis, Didin masih banyak menerima pendapatan dari penjualan antena orisinal. Apalagi perusahaan Lintas Langit yang dikelolanya juga menjadi reseller beberapa produk antena impor. Baik dari Eropa, Cina, ataupun Taiwan. Namun, nama Didin lebih dikenal sebagai perakit antena kaleng daripada sebagai reseller
antena impor.

Didin juga melayani banyak permintaan pesanan dari luar kota, bahkan luar pulau. Saat diwawancarai, Didin tengah membuat beberapa antena kaleng pesanan dari pengguna di Pontianak dan Pekan Baru.

Bahkan di Malang, banyak warung Internet menggunakan antena kaleng buatan Didin untuk menghemat investasi perangkat. Warung Internet menggunakan antena kaleng untuk berhubungan dengan ISP, atau menghubungkan beberapa warung Internet dalam satu grup. Hampir semua ISP, memang tidak keberatan jika klien menggunakan antena kaleng. Sebab, yang terpenting adalah koneksinya, bukan fisiknya.

Namanya juga perakit antena, untuk suvenir sahabat pun Didin memberi sebuah antena kaleng buatannya sendiri. Berbeda dengan antena lain yang dibuat apa adanya, antena khusus hadiah ini diberi banyak polesan. Misalnya dilapisi antikarat, diberi tutup yang cantik, dan dudukan antena yang bagus. Tidak kalah kemasannya dengan antena biasa.

Jadi sekarang ada dua pilihan bagi kita. Membisniskan antena kaleng, atau menjadi penggunanya. Yang jelas, kita tahu sekarang, mengapa begitu banyak kaleng susu dan wafer di atas rumah tetangga.

CARA PEMBUATAN ANTENA KALENG

1. Pertama, siapkan peralatan dan bahan-bahan. Mulai bor, penggaris, hingga kaleng bekas dengan profil dimensi yang sesuai. Dalam contoh yang diperagakan, digunakan kaleng bekas Quaker Outmeal. Kaleng ini setara dengan kaleng susu instan ukuran 400 gr, Twister Stick Snack, atau kaleng buah produk Cina.

Kemudian, kaleng dibersihkan dan diratakan mulutnya agar tidak melukai tangan. Pastikan kaleng sudah bersih dan kering sebelum masuk ke tahap berikutnya. 1

2. Dilanjutkan dengan pengukuran diameter dan tinggi kaleng. Masukkan ukurannya dalam rumus untuk menentukan titik wave guide dan penguatannya. Rumus bisa dilihat di situs pada akhir artikel ini.

Siapkan konektor N Female Panel Mount dan membuat wave guide sesuai hasil kalkulasi dimensi kaleng dan frekuensi yang telah diperoleh sebelumnya dari rumus.

3. Ukur lokasi dari dasar kaleng dan bor titik wave guide. Kemudian buat lubang baut dudukan konektor N Female Panel Mount.

Tahap berikutnya adalah perkabelan. Kupas inner tembaga kabel CNT/LMR-200 yang memiliki nilai resistansi 50 Ohm untuk wave guide. Lanjutkan dengan menyambung kabel inner Wave Guide ke konektor N Female Panel Mount.

Panjang kabel jumper adalah kelipatannya hasil yang diperolehdari rumus: berdasarkan rumus (3 x 108 (rambatan sinyal di udara)/frekuensi dalam khz) x 0,92 (koefisien kabel).

Sedangkan loss akibat kabel dihitung berdasar situs www.swisswireless.org/wlan_calc_en.html.

4. Pasang wave guide yang sudah tersolder di ke lubang di kaleng. Eratkan baut konektor ke kaleng. Jangan lupa untuk segera menutup dengan rubber silicon sebagai pelindung dari kebocoran air dan mencegah terjadinya karat pada konektor.

Bor dasar kaleng untuk memasang clamp mounting ke tower atau dudukan antena. Solusi lain, bisa juga menggunakan besi plat untuk stang kaleng. Intinya, kaleng bisa ditempelkan kuat ke tower atau tiang tanpa kesulitan. Tentu saja, wave guide tidak boleh bergeser atau bergerak ke titik yang lain.

5. Potong kabel RG-8 9913/CNT/LMR-400 yang memiliki nilai resistansi 50 Ohm untuk jumper dengan panjang kelipatan 11,5 cm. Perhatikan situs referensi untuk melihat rumus perhitungan cable balancing.

Pasangkan konektor N Male atau N Female ke jumper. Lalu lindungi sambungan konektor dengan rubber silicon.

Setelah terpasang kuat, baru masuk tahap finishing, yakni pemasangan tutup depan kaleng. Tutup depan ini perlu diperhatikan bahannya, tidak dari bahan metal. Jadi bisa plastik atau PVC. Kemudian semua celah diberi silicon gel, untuk penahan air. Lalu dimulailah pengecatan bodi kaleng sesuai selera.

6. Setelah terangkai semua dengan kuat dan enak dilihat, maka antena kaleng siap dipasang. Ada dua cara pemasangan antena kaleng ini. Keduanya tidak jauh berbeda dengan pemasangan antena wave LAN biasa. Kedua cara ini tergantung pada jenis perangkat radio yang digunakan.

Ada perangkat yang langsung ke komputer, ada juga yang membutuhkan router. Setelah terpasang, uji coba antena dengan teknik War Driving. Teknik ini menggunakan software Site Survey seperti Netstumbler.

LEBIH LANJUT
Sumber : http://antzon.wordpress.com/2006/02/28/wireless-kaleng-susu/

Contoh : http://www.turnpoint.net/wireless/cantennahowto.html

Dimensi kaleng: http://www.saunalahti.fi/elepal/antenna2calc.php

Panduan modifikasi: http://www.saunalahti.fi/elepal/antenna2.html

Tinggi wave guide: http://www.csgnetwork.com/antennawncalc.html

Detail teori:
- http://flakey.info/antenna/waveguide
- http://www.lincomatic.com/wireless/index.html

Software Netstumbler: http://www.netstumbler.com/downloads/

Software kalkulasi site survey: http://www.cplus.org/rmw/w/english1.html

Referensi lain: http://www.king.igs.net/~karc/projects/antenna.htm

http://www.turnpoint.net/wireless/cantennahowto.html
Gambar pendukung : http://www.te.ugm.ac.id/~josh/seminar/kaleng/page_0001.html

About these ads

About sugoistanley

Me is just another ordinary boy in this world....Iam not a hacker but i believe someday I Will...

Posted on April 16, 2007, in Hacking. Bookmark the permalink. 87 Comments.

  1. moga2 isi kalengnya gak tumfah…!! :-)
    That’s very creative man !. v1v@ h4ck3r 1nI)0n351@ !

  2. tulisan yang menarik , semoga lebih rinci di penjelasan tentang pemakaian antena kaleng ini .

  3. thank you very much!!!!

  4. Teddy Satriya

    Kalo BTS GSM bisa di tembk dengan antena ini, gak?
    Mohon pencerahannya ke email saya.
    Thanks before…

  5. perdana Akhmad

    saya ga bisa ngerakit antena kaleng nih!!!! jika ada yang bisa membuatnya dan mau menjualnya saya mau membelinya!!!!!
    hub saya 08157972560

  6. Ricky Anggrianto

    Gimana Ccc Perhitungan jarak antena kaleng dari hotspot?
    balezzz cepet yaa ke email gw

  7. Ricky Anggrianto

    Gimana Ccc Perhitungan jarak antena kaleng dari hotspot?
    jarak antara rumah aya dan hotspot sdikit jauh jadi saya bingung mohon bantuannya
    balezzz cepet yaa ke email gw

  8. maantaaaabbb

  9. bagaimana cara pesan antena N berapa harga satu antena tersebut????makasih

  10. di daerah sya ad hotspot tp jarakny 10km gmana bisa d tembak g?….. blz d email sya y!!!!! cpt y frens,tankssss

  11. di daerah sya ad hotspot tp jarakny 10km gmana bisa d tembak g?….. blz d email sya y!!!!! cpt y frens,tankssss klo d referensi lain pakeny blutut trus d modif dg keleng!!!!! ap g ad conneksi lain selain pakai bluetoot,,,,,,,,,,,,,,

  12. saya sangat tertarik dengan antena kaleng tersebut, bisa minta artikel yang lengkap beserta gambar, langkah detailnya,dan jga cara kerjanya.
    karena saya baru belajar.
    terima kasih

  13. kalo ntar ngenetnya pake konputer rumah,
    apa harus pake modem juga?
    bales ke emailku
    trims

  14. Duhhh that is very cucok booo…. Boleh gak eke minta tutorial lengkapnya ? kalo bisa sih yang pake gambar gitu. MMMmmm kalo dipikir pikir seru juga. Please ya booo tutorial lengkapnya + gambar

  15. mantaaaaaaafffffffffffffffff
    sebelum nya q minta ijin untuk dipaste ke notpet,
    xiiixixx
    mana tau hari depan diperlukan
    boleh ya
    permisi oms

  16. halooo…mas ! ak minta tahap demi tahap dengan gambarnya donk..
    kirim ke email ku donk..ghea_cipherlab@yahoo.co.id
    jujur artikel ini menarik buaanget.., ak png nyoba ahhh?

  17. saya baru belajar internet, jadi belom tau cara merakit antenanya, bisa kirim file yang lengkap dan gambar, serta ukuranya ke email saya,
    trima kasih
    tolongya bos…..

  18. bos bisa kirim rincian harganya ga buat komponen2 yang diperluin
    oc2 plsss kirimin yah
    ditunggu bos

  19. jual aja deh yg sudah jadi.. asala jgn mahal mahal amit

    mmail me ya bos

  20. saya sangat tertarik dengan antena tsb, tp saya pengen lebih jelas lagi ne…spt skema rangkaiannya,bahan2 yg di butuhkan,dan yang lainnnn yang penting lengkap…(saya baru belajar) tolong bagi2 ilmu yaaaa….n krm ke e-mail saya yaaa sobat2 q semua…..terima kasih

  21. saya pingin coba buat antena tsb, tapi saya masih blm ngerti gimana cara menyambung ke komputer?alat apa yang diperlukan, tolong dijelaskan!bila perlu dikasih gambarnya, thanks! from :mudita(kalo bisa kirim ke e-mail saya )

  22. beli jadi ada gak yach….

  23. ada kok waktu itu saya berencana untuk beli yang jadi cuman saya urungkan karena saat itu harga Dolar sedang naik2 nya…

    coba saja dulu di googling!

  24. Nie, gue da ref baru buat yang mo transaksi online dengan mudah or yang cuma mo cari duit gratisan…site bagus and nggak bohong buat deposit mpe Indonesia…daftar gratis…buat payment juga malah dibayar duit lho…coba deh di moneybookers.com daftar di sini :
    Get Membership & Start Earn Money

  25. KK Gimana bisa dapetin konektor N Female Panel Mount dan inner tembaga kabel CNT/LMR-200 ? Please KK Email me….sdickyn@yahoo.com

  26. @Cuppu

    untuk konektor N female bisa di lihat di http://www.tempatshopping.com di sana melayani pembelian di daerah jawa sumatra dan bali…

    semoga membantu!

  27. saya sangat tertarik dengan antena kaleng tersebut, bisa minta artikel yang lengkap beserta gambar, langkah detailnya,dan jga cara kerjanya.
    karena saya baru belajar.lagian kl bisa sekalian buat judul TA aq, ga pa2 kan
    terima kasih

  28. kumohon bantu aq, kl ga salah antena parabola tv bisa dijadikan sebagai penerima sinyal internet, ad ga tentang artikelnya, bagi donk,thank yach

  29. saya tertarik banget dengan yang namanya jaringan apa lagi jaringan internet, tapi yang disayangkan aq ga begitu memahami tentang jaringan internet, saya mahasiswa akmi baturaja jurusan teknik informatika D III saat ini semester V, saya pengen buat TA tentang jaringan yang terkoneksi ke internet, tetapi saya masih bingung, judul apa yang ingin saya ambil, mohon bantuannya…

  30. dimana lagi nich bisa cari bahan materi untuk membuat antenan kaleng…
    saya tunggu balasanx……………..

  31. saya sangat tertarik dengan antena kaleng tersebut, bisa minta artikel yang lengkap beserta gambar, langkah detailnya,dan jga cara kerjanya.
    karena saya baru belajar.
    terima kasih

  32. saya sangat tertarik dengan antena kaleng tersebut, bisa minta artikel yang lengkap beserta gambar, langkah detailnya,dan jga cara kerjanya.
    karena saya baru belajar.
    terima kasih…..kalau bisa kirim ke email ku donk Ranggapeo@yahoo.co.id

  33. aku uda coba2 bikin tapi g berhasil juga…gimana sich caranya????ato ada yang jual g???kalo boleh saya beli punya anda yang udah jadi…balas ke email aku aja ya….kenug@telkom.netThanks b4

    http://www.bunga.co.nr

  34. saya tertarik dgn antena kaleng anda…
    gmn apakah anda tdk menjualnya kpd khalayak umum..?
    kl anda mau menjual saya berminat sekali ..
    berapa harganya ..?
    makasih banget bila anda sudi mambantu saya soalnya saya bingung utk membikin sendiri…

  35. okeh banget neh hobynya
    kalo ada yang jual.
    gw mau beli deh
    call gw di 021-68651317
    thanks

  36. iye nih, aku minta tolong dong pasangin antena kaleng di rumah aku, untuk internetan itu lho. nanti ada uang ganti and uang transport nya lho…, serius nih

    kalo ok aku tunggu banget nih rspon mu

    trimakasih

    ade wirna

  37. mas…aku mw coba bikin tp bingung mw mulai dari mana…bs ga kirimin file lengkap panduan dan gambar nya?mohon bantuan nya..
    makasih banyak…
    salam hormat

  38. abang-abang skalian awal mula dari mana pembuatannya,trus terang saya bingung awal pengumpulan bahannya.terima kasih..salam saya dari BALI..tolong yaa…

  39. oke juga nih jadi pengen coba, tapi kalo bisa tutorialnya berikut gambarnya biar lebih mantab. Atawa kalo beli jadi berapa yah?? tolong dibalas dong

  40. Sangaar…… Hebaaat…. ini baru namanya teknologi. tp ngomong2 jenis W-LAN cardnya jenis apa dan merk apa yang cocok, trus harganya berapa, jangkauan maksimum kira2 berapa KM, trus apa bisa nangkep hotspotnya speedy telkom, tolong kirim tutorialnya secara lengkap dong ke e-mailku TiMN_FFF@yahoo.co.id. trims moga2 indonesia makin maju MERDEKAAAA…..!!!

  41. tolong diajarkan pembuatan antena wireless dengan lebih rinci lagi dengan gambar soale kalo dengan tulisan gw gak ngerti…..hehehehehehehe…
    sowry tapi tutorialnya boleh…. sip deh…
    thank…
    n tolong dibalas d email ku….
    thank u so much……….
    kalo bisa ajarin juga tuk curi bandwidth…
    hehehehehehehehehehehehehehe……….
    ups nanti gw disangka maling…….
    hahahahahaha………….

  42. kalo` wirelesnya built in laptop gimana?
    masak laptopnya di masukin kaleng he he he he

  43. Maksih bangt lho meskpn aq g bgt paham tp kepingn nyoba nich GD bangt cuman carany gimn n kebetulan rmh tinggal aq di Malang banyk hotspot tp kadng2 jg ada yang koneksinya pake password,klau itu bagmn caranya?????
    trus minta kirm dunk gambr lengkap n panduan jg ke email saya hbsny bengong jg she habsny aq pake laptop udah adah 802.11b\g wireless LAN tuh gimn caranya?
    mksdnya setlh dr antena menuju kabel trus kebwahny diberi ap (semacam jack/antena lagi ataw ap).
    dirmh jg ada komputer tp ga ada modemnya,gimana niech solusinyaaaaaaaaaaaaaaa…………
    maksh bangt
    maju trus ya program ini……
    aplg saya suka ama intrnet niech mskpn masih dangkal gt.
    maksh bnyak…..
    aq tunggu di email saya……….

  44. kk tolongin aqw dong…
    aqw pingin bgd bikin antena kaleng…
    tapi aqw ga bisa alias ga ngerti caranya…
    aqw dah baca artikel kk, tp masi juga ga ngerti…
    dari mulai pengumpulan bahan sampe cara mwembuat…
    apalagi cara masangnya…
    wah ribet bgd…
    bisa ga kk kirimin ke aqw tutorialnya ke email saya…
    klo perlu sama gambarnya dong…
    plissss
    plissss
    plissss
    plissss
    makasi kk…
    GBU

  45. Enakan pakai antena helikal, jangkauan bisa 4 km. penasarannnn… di googling rek!

  46. haluu mas
    tutor na agak ruwet dikit
    saya mo tanya N Female dan N male tu konektor ap..??
    bisa dpt di mana..??

    repp ke mail y
    thx

  47. Om, aku bukannya g bisa, cuma ga ngert:-D (sama ja kle yahh…) artikel’na keren. Tpi lebih ciamik kalo
    disertai gambar. Klo ada & bisa kirim ttorial lengkap ma gambar’na ke emailQ: aquamarine_max@yahoo.co.id

    Coz aku tersedot(baca:tertarik) banged ma banci, eh! antena kaleng ne.,, plizz

  48. terima kasih atas tutorialnya.

  49. tutor sangat ngebantu aku bwt tgs…he…he…siiiippp!!!!thaks

  50. bro, aku to pengen buat antena kaleng, tolong ksh aku panduan cara2 dari awal sampai akir. tolong yooooooooooooooooooooo……….

  51. tRIMS TUTORIALNYA…

  52. Assalamualaikum wr.wb
    Kk boleh minta dkirimin tutorial antena kalengnya donk..kirim ke email saya ya plezz..

  53. halo sobat, ada yang berminat beli peralatan antenal kaleng gak.. soalnya pernah ikutin tutorialnya dan membeli lengkap peralatannya pas di coba gak berhasil juga.. mungkin emang ga ada hotspot di daerah saya kali ..

    bila minat liat-liat aja dulu, klik disini ya..

  54. dah yang nyoba lom nyampek 7 km lom?

    aku mau nanya…
    hi..hi..hi

    ato ada yang tau

    plisss dunk

  55. ntu semuanya abis duit berapa??
    mohon donk kasih rincian harganya sekalian…!!
    oke tank’z

  56. Andrew Ivan D.

    bisa kirimin gua video tutorialnya ga’?
    soalnya kalau pakek penjelasan gua kurang ngerti bosss…….?
    please, key…………

  57. mas…
    pic dr N-female donk??gw rada2 bgng ni,tar mo nyari di toko elektronik gt ga tau bentuk nya kan berbabe..he,,
    trus mesti pake wireless card lg ya??

    plese reply to email..

    thx

    best regards..

  58. Mas artikel werless antena kaleng ambil dari mana ?

  59. Minta tahap demi tahap dan gambarnya dong….tolong dikirim ke email saya ya :- trus masang ke laptop yang da da wifinya gimana?

  60. jarak tempatku dengan hotspot 3-4km.Pake laptop yg udah ada wifinya.Trus nyambung antenanya gmn,cuma ada port USB 3 buah.Jangkauan maksimal berapa kilometer? Juga kalo hotspotnya dipasword gmn?? tolong balas ke email ya…butuh banget,makasih..

  61. idenya bagus banget, tapi perlu penjelasan yang libih detil agar mudah diterima dan praktekkan. trims

  62. Amstian_pasima

    Memang anak indonesia jago buangeet… Tolong dong kirim cara pembuatan,alat dan bahan beserta gambarnya dong ke e-mail gue di amstian_pasima@yahoo.com.thanx (GBU)

  63. sbnernya kalau antena ky gitu, ngaruh sma cuaca gg???
    aplgi klw add petir bisa nyamber gg???

  64. terima kasih atas tutorialnya…sangat membantu…

  65. Law laptop yg sudah dilengkapi Wi-fi bisa gak pake antena kaleng, biar internetan dirumah ja……hitung2 mls kluar rumah kan bisa pake antena kaleng ja itupun law bisa…….bls diemailq

  66. law laptop yg sdh dilengkapi Wi-fi bisa gak pake antena kaleng biar gak perlu keluar rumah…..law ada kirim dong tutorialnya ke emailq.bls

  67. Halo, halo every body. Aku coba ditolong kasih matriks cara buatnya. Misal 1. pasang anu kemudian anu dst. Mohon pertolongan mas-mas semua dikirim ke email : L_Kamban@yahoo.com
    Terima untuk sahabat se nusantara

  68. manteb mas, nunut nyedot ya :D

  69. Buat menkominfo, pikirin insfrastruktur.. Jangan cuma pikir aspek moral doang :p

  70. bos brp hrga antenanya.
    menarik bgt to…
    tlng dong krm detail rincian anggaran detail cara pengerjaan’y.

  71. bos brp harga antena’y?
    menarik bgt to…
    tlng dong krm rincian anggaran & detail cara pengerjaan’y
    wongndeso777@gmail.com

  72. halooo…mas ! ak minta tahap demi tahap dengan gambarnya donk..
    kirim ke email ku donk..imambukhori92@yahoo.co.id
    jujur artikel ini menarik buaanget.., ak png nyoba ahhh?

  73. Hi! ok juga nih jadi pengen coba, tapi kalo bisa tutorialnya berikut gambarnya biar lebih mantab. Atawa kalo beli jadi berapa yah?? tolong dibalas dong

  74. saya suka dengan artikel@ jadi pengen buat nih !!!!!! :D

  75. wah nice inpoh nih…

    mas sy mau tny, utk pemasangan N-Connectornya itu perhitunganya bagaimana ya ?

    sy buka http://www.saunalahti.fi/elepal/antenna2calc.php ga ke buka…

    mohon penjelasannya…

    tlg kirim ke email sy ya…

    encime_pandjoel@yahoo.com

    terima kasih banyak sebelumnya…

    maju terus INDONESIA !!!

  76. kalengnya kok kaleng susu????
    ntar wareleesnya dikerubungi ama semut

  77. jangankan antena zha
    kite aje bisa disambar ame petirrrrr

  78. mas, knapa site buat ngitung rumusnya ga bisa di buka ya?

  79. endrikurniawan

    artikelnya uda bagus mas,,
    tapi lebih bagus juga klo tutorialnya dilengkapi juga dengan gambarnya supaya lebih tambah macaps….
    tlg ya mas, tutorial + gambarnya, cz ak tertarik bgt buat mempelajarinya..
    kirim ke e-mail ku ya..
    endri_kurniawan_20@yahoo.co.id..
    terimakasih bnyak mas……….

  80. Tanpa visual/gambar contoh mana ngartos gan…
    apalagi keterangannnya terlalu ilmiah… percaya deh pd bingung tuh…

  81. saya mau tanya cara penyambungan kabel USB untuk wireless, mohon informasinya

  82. wahhh bolehhh jugainformasinya…….gimana…
    boleh dong mampir juga ke website kami http://candra.unsri.ac.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.