Alternatif Mengubah Permalink di WordPress Tanpa Mempengaruhi Index Search Engine


Wordpress Logo Images

Beberapa waktu lalu pernah dibahas cara untuk mengubah permalink di WordPress tanpa mempengaruhi index search engine dengan memanfaatkan plugin Dean’s Permalink Migration. Sayangnya, plugin ini memiliki 2 kelemahan. Yg pertama, seperti yg telah diberitahukan di panduan sebelumnya, hasil perubahan permalink tidak mendukung comments feed. Nah yg kedua, yg cukup fatal dan baru saya ketahui belakangan, adalah, terkadang ia mengacaukan file sitemap yg di-generate oleh plugin Google (XML) Sitemaps. Saya belum dapat memberikan kepastian apa, mengapa, dan kapan, yg jelas penggunaan nama kategori di permalink terkadang akan menghasilkan blank.

Contoh hasil permalink yg benar:

PLAIN TEXT

CODE:

 

  1. http://www.namadomain.com/namakategori/judulpost

Hasil permalink yg error di sitemap:

PLAIN TEXT

CODE:

 

  1. http://www.namadomain.com//judulpost

Dengan hilangnya namakategori dari struktur permalink di atas, akibatnya crawler Google akan menemui halaman 404 saat berkunjung ke halaman tersebut. Efeknya? Kacaunya index dan turunnya SERP situs Anda.

Sekali lagi, saya tidak tahu persis apakah masalah ini terjadi di semua blog atau hanya pengalaman pribadi saya. Untuk memastikan, bukalah file sitemap.xml blog Anda dan amati apakah ada hasil URL yg tidak sesuai.

Untuk mengatasinya, saya mencoba mencari dan menemukan sebuah plugin lain yg berfungsi “serupa-tapi-tak-sama” dengan plugin sebelumnya. Plugin ini dinamakan Permalink Redirect. Ia bekerja dengan cara mengecek apakah suatu halaman diakses dengan menggunakan struktur permalink yg ada. Jika tidak, maka otomatis crawler / pengunjung akan di-redirect (301) ke halaman dengan struktur permalink yg benar. Plugin ini juga sudah mendukung comments feed, sehingga tidak akan error bila diakses.

Untuk proses instalasi, tidak seribet plugin Permalink Migration. Anda cukup men-download pluginnya dari sini (ato sini), meng-upload, dan mengaktifkannya dari Dashboard blog WordPress Anda. Selanjutnya, tinggal ubah struktur permalink Anda ke struktur permalink yg Anda inginkan.

Jika sebelumnya Anda menggunakan plugin Permalink Migration, cukup non-aktif-kan plugin tersebut dan install plugin Permalink Redirect ini. Hapus baris tambahan di .htaccess jika Anda melakukan modifikasi untuk mendukung comments feed.

Baca artikel “Setting Permalink Yang SE-Friendly di WordPress” untuk petunjuk penentuan struktur permalink yg SEO-ready di blog WordPress Anda.

Selamat mencoba.

About sugoistanley

Me is just another ordinary boy in this world....Iam not a hacker but i believe someday I Will...

Posted on April 5, 2007, in My Daily Life. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s