The Power of Sharing

Gift Images

Sebagian teman2 mungkin sudah tahu kalo saya punya sebuah situs lirik lagu (liriklaguindonesia.net). Meskipun terpasang AdSense, situs ini sendiri lebih mengarah ke public service :p dikarenakan pendapatan AdSense dari situs jenis ini, apalagi lirik lagu2 Indonesia, sama sekali tidak bisa diandalkan. Satu2nya alasan saya terus meng-update koleksi lirik di sana, bahkan terkadang membeli kaset/cd (bukan bajakan loh) hanya untuk mendapatkan teks lirik yg valid dan tidak dimiliki oleh situs2 lirik yg lain, adalah komentar2 pengunjung yg beraneka ragam dan jumlah pelanggan feed yg cukup banyak (170 orang pada saat artikel ini ditulis).

Pengunjung, selain berkomentar, ternyata juga hobi meng-kopi-paste lirik2 tersebut ke blog mereka. Seperti biasa, sebagian cukup baik untuk memberikan tautan ke asalnya, dan sebagian sisanya.. ehm… lupa )

Terinspirasi oleh hal itu, kemarin pagi saya iseng membuat sedikit modifikasi di halaman artikel (tampilan lirik) situs tersebut dan menambahkan textbox ala situs2 direktori artikel yg berisi content siap copy-paste dari lirik yg bersangkutan. Dengan adanya textbox tersebut, pengunjung yg ingin memajang lirik yg mereka sukai bisa langsung meng-kopi kodenya dan mem-paste-nya di halaman posting blog mereka. Hasilnya? Tambahan 7 buah backlink pada saat artikel ini ditulis, dimana mereka semuanya memanfaatkan fasilitas yg baru tersebut.

Jika ingin mencoba, berikut ini kodenya (tested on WP 2.07):

PLAIN TEXT

PHP:

  1. <strong>KOPI-PASTE KODE BERIKUT UNTUK MEMASANG ARTIKEL INI DI BLOG ANDA</strong>

  2. <?php

  3. $content = apply_filters(‘the_content’, get_the_content());

  4. $content = “<p><strong><a href=\”. get_permalink() . \”>” . get_the_title() . “</a></strong></p>\n . $content . \n<p>Sumber: <a href=\”http://www.alamatbloganda.com\” title=\”Nama blog Anda\”>Nama blog Anda</a></p>”;

  5. ?>

  6. <textarea style=“border:1px solid #CCCCCC; width:350px; height:150px;”><?php echo $content; ?></textarea>

Di sini, selain content asli, saya menambahkan judul halaman (beserta linknya) di bagian atas content. Selain itu, di bagian bawah saya juga memberikan link ke halaman depan situs lirik saya. Jadi, sekali bagi artikel, saya dapat 2 backlink )

Contoh hasilnya dapat Anda lihat di sini.

Tentu saja, tidak semua blog cocok untuk dimodifikasi seperti ini. Tapi, jika kreatif, dengan metode sederhana di atas, kita bisa membuat situs sejenis article directory dengan bermodal WordPress belaka.

Semoga bermanfaat )

Update:
Sejak kode sharing dipasang (20 Februari 2007), saat ini (31 Maret 2007) pelanggan feed telah mencapai kurang lebih 330 orang dan ranking Technorati naik dari yg semula sekitar 120,000+ menjadi 64,000+.

About sugoistanley

Me is just another ordinary boy in this world....Iam not a hacker but i believe someday I Will...

Posted on April 5, 2007, in My Daily Life. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. waH ngak ngerti… g awam bgt kasi yg simple dong gmana hack paswor friendsternya… trus yg disuruh save as save apanya yah? tq

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s