Hack fitur zoom pada Google Maps

Rabu 18 April 2007

Hola,,

Wuih,, setelah menyelesaikan pertarungan dalam UAN mata pelajaran Matematikan yang sangaaaat susah buat saya akhirnya saya menyempatkan untuk mengedit Blog saya dan kali ini saya memasukan artikel tentang bagaimana cara menghack fitur Zoom pada Google Maps. Mungkin banyak orang yang ingin melihat peta sampai sedetil mungkin tanpa harus menggunakan teropong satelit beneran yang harganya selangit GBU🙂


Google Maps Zoom Hack

Kini anda bisa menggunakan Google Maps untuk melihat visualisasi gambar satelit semakin dekat lagi, dan otomatis gambar yang tampil akan semakin jelas dan semakin detil. Anda bisa melihat serasa anda terbang di atasnya. Semakin telanjang saja dunia ini!!

Berikut ini akan coba saya ulas bagaimana langkah-langkahnya untuk membuat tampilan zoom dari Google Maps lebih dekat lagi. Sehingga anda bisa melihat segala penampakan yang ada di belahan bumi lain dengan lebih ‘utuh’!

Yang harus anda lakukan adalah pertama tentunya anda harus masuk ke halaman web Google Maps dong.. masa anda masuk blog saya, ya jelas ga bisa… hehe.. Tapi jangan lupa untuk sering berkunjung ke blog ini ya..

Kemudian anda pilih lokasi mana yang hendak anda ‘intai’. Ya jelas lah! Anda kan ingin mengintai sebuah lokasi, ya jelas harus ada lokasi untuk target anda. Akan lebih baik tentunya jika anda mengetahui posisi koordinat GPS-nya, karena anda tidak akan susah-susah lagi mencari lokasinya. Misalkan anda ingin mencari kota Surabaya dengan koordinat 7.239532 LS dan 112.739983 BT, maka anda harus memasukkan kata kunci pada Google Maps sebagai berikut: -7.239532 112.739983. Atau anda bisa mencari lokasi dengan mengetikkan nama wilayah tersebut, dalam contoh tersebut anda harus mengetikkan Surabaya.

Nah, langkah selanjutnya adalah lakukan zoom gambar pada tingkat yang zoom paling tinggi, sampe mentok tok! Sampe anda ga bisa melakukan zoom gambar lagi. Untuk melakukan zoom di Google Maps anda harus menekan tanda plus (+)! Jangan kebalik, tar yang ditekan tanda minus (-), hehehe… Oke?

Nah setelah mentok zoom-nya.. Ada masih ada langkah selanjutnya nih,… Langkah yang paling utama, yaitu anda klik Link to this page yang ada pada pojok kanan atas tuh. Terus cari parameter ‘z’ pada URL tersebut. Saya kasih contoh deh, lihat di bawah ini ya!

http://maps.google.com/
maps?f=q&hl=en&q=surabaya&layer=&ie=UTF8&z=12&ll=-
7.239532,112.739983&spn=0.162459,0.346069&t=k&om=1&iwloc=addr

Pada contoh URL di atas, parameter z memiliki value 12. Ganti angka 12 dengan angka 20, 21, 22, 23 dst sampai terlihat ada beberapa area yang nampak lebih jelas dan terlihat lebih detil. Parameter z tersebut mewakili tingkat zoom pada Google Maps.

Tapi perlu anda tahu, untuk wilayah Surabaya ini tingkat zoom tertinggi hanya sampai pada level 18. Lebih dari itu belum bisa menampilkan gambar yang lebih detil. Saya belum nyoba wilayah-wilayah lain di Indonesia. Tapi Jakarta juga cuma nyampe level 18 aja. Hiks… Barangkali anda mau mencoba wilayah-wilayah lain di Indonesia, sampai level berapa ya zoom nya? Kasih tau saya dong

Nah, di bawah ini ada beberapa gambar penampakan Google Maps yang menunjukkan gambar yang sangat detil!! Sampe kelihatan tuh ada onta di padang pasir dan seorang penunggangnya… Hehehehe Coba lihat gambar di bawah ini.
(Klik gambar untuk memperbesar)

Kemudian geser sedikit beberapa meter ke arah tenggara dari posisi gambar di atas, maka anda akan menemukan gambar seseorang yang sedang menegadahkan kepalanya ke langit. Seakan-akan dia hendak berkata “Hai apa kabar dunia?! Saya ada di Google Maps nih…” hehe… Dan ada juga beberapa orang yang sedang menimba air di sumur padang pasir… Ada airnya ngga ya??

(Klik gambar untuk memperbesar)

Dan jika anda beruntung maka anda akan menemukan gambar pasangan-pasangan yang sedang bercinta berjemur di pantai Tengok saja gambar di bawah ini.

(Klik gambar untuk memperbesar)

Dan di bawah ini adalah gambar dari Buckingham Palace yang terkenal itu.

(Klik gambar untuk memperbesar)

Selanjutnya adalah sebuah penampakan yang luar biasa hebatnya! Sebuah missile alias bom alias senjata penghancur yang sedang melayang terbang di angkasa hendak mencapai tujuan dan sasarannya… Busyet! Mau mengarah kemana missile itu ya?

(Klik gambar untuk memperbesar)

Di bawah ini adalah gambar perkemahan di California, lihat ada beberapa tenda dan ada juga beberapa orang yang terlentang rebah di tanah… Wow.. jangan-jangan mereka melihat kita…

(Klik gambar untuk memperbesar)

Enak banget berjemur di tepi kolam renang… Itu adalah gambar dari sebuah lokasi di Las Vegas. Banyak yang berjemur tuh… Pada pake semua apa ga ya?

(Klik gambar untuk memperbesar)

Anda bisa mendapatkan gambar-gambar lainnya sesuai yang anda mau di Google Maps. Mudah bukan?

Wah, apa yang sedang dilakukan Bush di White House ya? Kira-kira lagi ngapain dia… Atau sedang apa mas David Beckham sama Victoria ya… Hehehe…

About sugoistanley

Me is just another ordinary boy in this world....Iam not a hacker but i believe someday I Will...

Posted on April 18, 2007, in Hacking. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. eko purwanto

    bagus n manfaat bgt bos infonya..
    tp mo tanya nih..klo untuk melihat daerah atau posisi yang belum detil (yang masih abu-abu) bisa gak? dan gimana caranya?
    klo bisa khan muantap bgt

  2. kren boz…………..!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s