Menyelamatkan data di Windows XP dengan linux Knoppix

Kamis 5 July 2007

Hola,,

Tidak terasa teknologi komputer semakin berkembang, sistem operasi juga semakin banyak mulai dari dos, windows 9x, windows NT, windows XP, OS2, MacOS, Unix, Linux. linux saat ini sangat banyak pengembangnya di site http://www.distrowatch.com tercatat lebih dari 100 distro, mulai dari distro seperti redhat, fedora, suse, mandrake, debian.

perkembangan terakhir distro linux, saat ini mulai banyak dilirik media alternatif selain di install di hardisk PC, yaitu linux live CD dengan linux live cd kita bisa memakai linux tanpa harus menginstall nya. tinggal masukan ke cd-rom drive dan boot ke cd…dan anda telah memakai linux. pelopor linux live cd knoppix dibuat oleh Klaus Knopper dari jerman http://www.knoppix.net. mendapatkan linux knoppix juga sangat mudah download di http://www.knoppix.net, atau mirror nya di http://kambing.vlsm.org/debian-cd/knoppix/, atau beli di toko cd, beli infolinux.

Banyak di antara kita yang masih memakai windows untuk dirumah, dikantor, di warnet. terlepas dari windows tersebut bajakan atau bukan. Suatu saat windows bisa crash, currupt, tidak bisa di boot, kalau sudah begini baru pusing untuk menyelamat kan data. Untuk windows 95, windows98, windows ME. kita masih bisa memakai disket boot dos dan membaca isi drive nya karena masih memakai file system FAT yang masih bisa dibaca oleh dos. Sedangkan windows NT, 2000, XP kalau memakai file-system NTFS tidak akan bisa dibaca oleh disket dos. jadi menyelamatkan system atau data di file-system NTFS cukup sulit, apalagi jika windows tidak memberi kesempatan kita untuk masuk ke konsol atau pun ke desktop.

Salah satu cara yang mudah untuk memnyelamatkan data dengan menggunakan linux live-cd seperti cd knoppix. setelah kita bisa menjalankan knoppix kita bisa membackup data ke komputer file server, komputer orang lain sementara windows nya bisa kita utak-atik. berikut ini step by step untuk rescue windows XP dengan Linux Knoppix.

Buat komputer untuk bisa boot ke cd, caranya masuk ke bios pada saat boot tekan “del” pada notebook biasanya F2, cari boot squence biasanya di bagian advance (bios ami, award kecuali md intel). Buat first boot ke CD.

Pasang CD Knoppix di cdrom drive

Tunggu kira-kira 5 menit akan masuk ke desktop linux knoppix. kalau gagal, pada saat lilo (boot loader linux) ketik F2 akan masuk ke boot option. kalau vga card tidak mendukung atau memory kurang, coba masuk ke tesk mode dengan boot option “knoppix 2”

Setelah di desktop linux masuk ke menu Knoppix -> Network -> network configuration. kalau jaringan memakai dhcp tekan ok. kalau tidak tekan no, kemudian masukan IP address, DNS, Gateway (yang terpenting adalah IP address). Atau kalau tidak berhasil ke desktop, coba boot ke text mode, di console ketik “netcardconfig”, kemudian masukan ipaddress, coba ping ke komputer teman, server.

Coba browse network komputer dengan perintah “smbclient -L nama-komputer”, kalau meminta password tekan saja enter (kalau kita yakin komputer yang share tidak di password). Buat direktory mount untuk samba-share “mkdir /mnt/samba-share” Kemudian buka network share yang akan di jadikan backup dengan perintah “smbmount //nama-komputer/nama-share /mnt/samba-share” kalau di share tersebut di password tambahkan option “username=***” “passowrd=***”.

Mount hardisk local dengan perintah “mount /mnt/hda1” (primary master, partisi pertama), “mount /mnt/hda5 (primary master, partisi logikal pertama).

Buka program mc (Midnight Commander) dengan perintah “mc” sangat mirip dengan Norton commander jaman dos dahulu kala, kemudian di sebelah kiri bisa dibuka /mnt/hda1, disebelah kanan /mnt/samba-share. select dengan “insert” dan copy “F5” file-file yang ingin di backup (hilangkan check “preserve Attributes” untuk tidak mengganti atribut file yang backup). Kalau ada ftp sever bisa gunakan “FTP link” misalnya kita mau back up ke ftp server “ftp.server.co.id” dengan user=gue password=passgue, di direktory pub/backup masuk ke menu Right -> FTP link kemudian keluar FTP to machine (tekan F1 untuk melihat contohnya) ketikan /#ftp:gue:passgue@ftp.server.co.id/pub/backup.

Setelah selesai membackup file kita bisa mengoprek windows XP nya. kalau prlu di format juga boleh, file-file penting kita telah selamat.

Catatan terakhir, bisa juga digunakan linux live-cd yang lain misalnya Mandrake-Move (tidak ada mc), Slax, Gnoppix, suse-livecd, dll, atau gunakan distro usb-flash seperti RUNT jika kita punya komputer yang bisa boot dari USB. Knoppix versi 3.1 3.2 mc nya suka error jika mengcopy banyak file. jadi gunakan versi 3.3, 3.4 atau yang terbaru 3.7.

Linux Knoppix membuka partisi NTFS dengan readonly, kalau FAT bisa read-write. linux dengan kernel 2.6 bisa membuka NTFS dengan read-write tetapi di live cd knoppix sepertinya belum bisa (saya tidak tahu pasti).

About sugoistanley

Me is just another ordinary boy in this world....Iam not a hacker but i believe someday I Will...

Posted on July 5, 2007, in Download, Hacking, My Daily Life. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Windows memang rantan mas! apalagi sudah kemasukkan Virus, data-data bisa kacau dan hilang.
    Saya belum coba menyelamatan data di Linux knoppix karena belum punya, sebagai alternatif saya pakai Puppy Linux.
    Bisa juga lho mas!

  2. BAGI TEMAN – TEMAN YANG KESULITAN MENCARI TEMPAT RECOVERY
    DATA BISA DATANG KE ERTECH KOMPUTER.
    ALAMAT OFFICE : JL.KARANG REJO X/36 SBY
    HUB : 031 72357968/081330029001 | YM:ERTECH_COM
    SAYA DULU PERNAH MENYELAMATKAN HARDDISK
    DISINI MEMANG BENAR OK BANGET.MASALAH HARGA BISA DI NEGO,
    TRIMS ERTECH BERKAT ERTECHCOM DATAKU KEMBALI NORMAL.
    – NO DETECT
    – PARTISI HILANG
    – TERFORMAT
    – FDISK
    – VIRUS
    – CORRUPT
    – DELETE
    – HIDDEN
    SEMOGA SUKSES….!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s