6 langkah praktis & mudah – Mengembalikan File yang Hilang

Rabu 18 July 2007

Holla,,

Sangat disayangkan bila secara tidak sengaja, file-file penting terhapus oleh Anda. Melalui workshop kali ini, CHIP mengajak Anda untuk mencoba mengembalikan file-file tersebut.

Beberapa file penting sering terhapus secara tidak sengaja oleh Anda. Lebih parahnya lagi, dalam penghapusan tersebut, Anda melakukannya tanpa melalui Recycle Bin. Jelas, file tersebut akan terhapus secara permanen. Anda baru merasa menyesal saat menyadari bahwa file yang dihapus sebenarnya file yang masih digunakan.

Anda bisa memanfaatkannya software Recover My Files Data Recovery untuk mengembalikan file-file yang telah terhapus tersebut. Software ini mampu melakukan recovery untuk file-file yang ter-delete, baik dari media hard drive, floppy disks, kamera digital, drive USB, ZIP disk, CompactFlash card, Smart Media, atau Sony Memory Sticks. Jenis-jenis file yang dapat direcover juga bermacam-macam mulai dari format Word, Excel, PowerPoint, Outlook, Outlook Express, Hotmail, Yahoo, Netscape, IncrediMail, database, AutoCAD, Microsoft Money, QuickBooks, Microsoft SQL, MYOB, sampai dengan file MPEG, AVI dan Mp3. Software ini juga dapat mencari file yang telah terhapus dari hard disk yang telah diformat ulang. Sebagai pelengkap, software ini juga memiliki feature CD dan DVD burning.

Pada kesempatan kali ini, CHIP menunjukkan langkah-langkah tercepat untuk mengembalikan file yang hilang tersebut. Anda dapat mengikutinya dalam enam langkah saja.

1. Persiapan awal

Pertama-tama, buka tool ini dari menu “Start | All Programs | Recover My Files”. Sebuah wizard akan menyambut Anda untuk memulai proses pencarian. Apabila Anda tidak ingin menggunakannya, Anda bisa membuang checkmark pada “Show Wizard on start up”. Kini pilih “Manual Set Option” untuk men-setting tool. Pada tab “File Types”, Anda dapat menentukan jenis file yang dicari. Pada tab “Search”, Anda dapat menentukan ukuran file yang hilang. Sementara pada tab “Advanced”, di bagian “Search level”, gunakan pilihan “Sector Level Search” untuk pencarian yang lebih dalam, lalu klik “OK”.

Image

 

 

2. Filter file yang akan dicari

Dalam melakukan pencarian, Anda dapat membatasi pro-sesnya agar pencarian dapat berjalan cepat melalui feature “Filter”. Kliktombol “Filter” pada menu bar. Dalam jendela filter, Anda dapat mengklasifikasikan pencarian berdasarkan nama file, ukuran, tanggal file, dan kata kunci file. Anda tinggal memberikan checkmark pada pilihan yang ingin Anda gunakan. Contohnya, jika Anda ingin mencari berdasarkan nama file, Anda aktifkan pilihan “By Filename” lalu isilah nama file pada kotak yang berada di sampingnya. Selanjutnya, klik “OK”.

Image

 

3. Menentukan lokasi pencarian

Langkah ketiga ini mengajak Anda untuk memulai proses pencarian. Pilih “Start Search” untuk kembali ke wizard. Selanjutnya, klik pada pilihan “Complete Search” untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Klik “Next” untuk menuju ke jendela berikutnya. Pada jendela yang muncul, Anda dapat menentukan pilihan lokasi pencarian dengan mengaktifkan salah satu drive atau folder. Sebaiknya cara ini Anda gunakan jika mengetahui letak folder file yang terhapus tersebut. Namun, jika tidak, sebaiknya Anda aktifkan saja semuanya.

Image

 

4. Memulai proses pencarian

Untuk memulai proses pencarian, lanjutkan langkah ketiga tadi dengan mengklik tombol “Next”. Di sini, Anda dapat menambahkan format file yang akan dicari. Namun ingat, semakin banyak format file yang Anda pilih, semaikn lama pula jalannya proses pencarian. Apabila tidak ada perubahan yang Anda lakukan pada bagian ini, Anda dapat segera memulai proses pencarian file dengan mengklik “Start”. Setelah itu, Anda tinggal menunggu hasilnya. Selanjutnya, Anda dapat melihat hasilnya pada bagian “Search Result”.

Image

 

5. Mengekspor list ke file

Setelah proses selesai, tool akan menampilkan hasilnya di hadapan Anda. Anda bisa melihat keterangan tentang file tersebut pada tab “Preview” dan “Event Log” di bagian bawah. Semua keterangan akan ditampilkan secara rinci, termasuk jenis recovery yang bisa dilakukan. Simpan file tersebut melalui “Save Files” pada menu bar. Setiap hasil pencarian, tool selalu membuat laporannya dan Anda dapat menyimpan laporan tersebut. Klik “File | Export list to CSV file” untuk mengekspor laporan dalam format “.CSV”. Untuk membuka format ini Anda dapat menggunakan Excel.

Image

 

6. Melakukan proses pembakaran

Apabila file yang di-recovery tergolong besar, tentu saja Anda membutuhkan media penyimpan yang memadai. Untuk kondisi seperti ini, lebih tepat jika Anda menggunakan media CD atau DVD sebagai tempat penyimpanannya. Anda dapat melakukannya melalui pilihan “Recover | Save to CD/DVD”. CD-RW ataupun DVD-RW ROM akan terdeteksi secara otomatis pada bagian “Select Device”. Selanjutnya, klik “Start Burn” untuk memulai proses pembakaran. Cepat lambatnya proses pembakaran bergantung pada kecepatan CD yang digunakan.

Image

Source : CHIP 08/2005

download softwarenya di sini

About sugoistanley

Me is just another ordinary boy in this world....Iam not a hacker but i believe someday I Will...

Posted on July 18, 2007, in Artikel, Download, Hacking, Internet, My Daily Life, Networking, Umum. Bookmark the permalink. 25 Comments.

  1. gitu aja ko repot pake aja tuneup file recovery gampang kan hhohohohohoho……………

    • Lah… make tune up mah tetep wae aya nu katinggaleun.apa lagi low di format ya… sudahlah ( kayak lagu na Bondan )

  2. Dear,

    Saat ini saya kesulitan dalam mengembalikan data harddisk saya dikarenakan saya telah memformatnya dengan NTFS (non quick mode) dan membaginya menjadi 2 partisi. Sebelummnya harddisk tersebut hanya 1 partisi dengan paltform Windows XP. Apakah ada cara untuk mengembalikan data saya yang telah terformat. Saya mohon bantuan informasinya

    Terima kasih

  3. Bagaimana cara mendownloadnya atau adakah cara
    Manual

  4. @Orion Solang

    Bisa di lihat di baris paling bawah
    di situ sudah saya sertakan link untuk
    mendownload softwarenya bung !

    ~ sugoistanley ~

  5. bener kata anandito pakai recovery aja….easy going,dunk.

  6. saya telah mendownload recover my file dan menjalankannya … namun ketika hendak menyimpannya ada permintaan name n licenc key… bisa kan anda membantu saya mengirimkan name dan licenc key nya ke alamat email saya….sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  7. @aan

    maaf saya tidak bisa menyediakan hal-hal seperti itu…. saya takut melanggar TermOfServicenya WordPress bung!

    coba buka http://www.crackportal.com/ saja dan ketikan Keygen yang anda mau di kolom searchnya!

    semoga membantu😀

    sugoistanley

  8. pak, saya udah coba semua langkah yang disarankan tapi kenapa file yang ke hapus nggak juga balik ya?
    padahal recoveryfile-nya download yang terakhir.
    bisa bantu nggak balikinfile saya yang kena virus trojan dan udah terlanjur di format usb-nya

  9. aku ada masalah dengan file exel aku hilang semua di drive d gimana cara mengembalikannya

  10. file saya hilang gara-gara saya reinstall windows, bisa balik gak ya?

  11. ada masalah ni, file saya disimpan di flaskdisk hilang setelah di format, bagaimana cara supaya data flashdisk itu balik??? tolong bangt ni ya secepatnya kasih tips yang tepat!!!

  12. mp3 saya terformat semua dan datanya hilang semua.saya ingin tanya bagaimana cara untuk mengembalikan semua data agar kembali lagi?.terima kasih dan saya minta bantuannya.

  13. file2 penting gw yg di my pictures ilang semua gara diformat, cara balikkinx gimana iiaa? da yg tau gag? thnx..!!

  14. @ aan
    saya telah mendownload recover my file dan menjalankannya … namun ketika hendak menyimpannya ada permintaan name n licenc key… bisa kan anda membantu saya mengirimkan name dan licenc key nya ke alamat email saya….sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    sama seperti yang saya alami saat ini,,,,
    http://www.crackportal.com/
    itu juga ga bisa di buka
    gimna ya???

  15. Klo file yang ada di FlashDisk terhapus secara otomatis data tersebut kaga bisa dikembaliin lagi !! tapi aku nemu satu software namanya PenDrive data doctor recovery<a href=”http://www.datadoctor.in/data-recovery-software/pen-drive-data-recovery-software.html

  16. Klo file yang ada di FlashDisk terhapus secara otomatis data tersebut kaga bisa dikembaliin lagi !! tapi aku nemu satu software namanya PenDrive data doctor recovery

  17. saya punya sms penting di hp,tapi tanpa sengaja terhapus,bisa gak di balikin lagi???

    terima kasih

  18. kalo media penyimpanannya menggunakan harddisk lain,bisa khan??

    thnx….

  19. Terimakasih atas sarannya
    semoga situs ini dapat membantu
    untuk mengembalikan data saya yang hilang

  20. Dan apakah bisa data saya kembali jika komputer saya pakai software deepfreezeny???

  21. Recover my files versi berapa yg plg baik n mdh d gunakan aq cm pengen blikin file gambar doank koe tp yg free ych ato yg da keygen ma crack x hehehe..
    Thanks be4..

  22. syarifudin alindo

    saya telah mendownload sistem recevory

    dan saya telah melakukan pengembalian data
    tapi ada file yang ga bisa dibuka
    tolng kasih cara agar saya bisa membuka file saya ya

  23. salam kenal..
    m tanya nich…kira2 bisa g mengembalikan data dari flasdisk yang telah di format, lw memang bisa kira2 aplikasi apa yng bisa di gunakan.?..
    sebelumnya kami ucapkan trimakasihh..
    kami tunggu kunjungn baliknya yooo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s