Sekali Lagi, Proteksi Copy Microsoft Dijebol

Rabu 18 July 2007

Holla,,

Microsoft Corp. sekali lagi sedang bertahan melawan para hackers menyusul diluncurkannya sebuah program baru yang memungkinkan pengguna PC membuka proteksi penggandaaan pada musik digital dan film.

Versi terbaru dari program FairUse4M yang dapat menjebol sistem manajemen hak digital pada Microsoft untuk file audio dan vidio Windows Media tersebut, diluncurkan secara online pada hari Jumat lalu. Di masa lalu, kedua versi sebelumnya dari program ini telah berhasil memanfaatkan lubang keamanan pada Microsoft. Dan pihak Microsoft juga telah mengajukan tuntutan hukum namun kemudian dibatalkan setelah kegagalan identifikasi pelaku.

Versi ketiga dari FairUse4M ini memiliki antarmuka drag-and-drop yang sederhana. Pengguna PC dapat mengubah file musik terproteksi yang didapat secara online menjadi lagu DRM yang dapat di-copy ataupun mengubahnya menjadi file MP3 yang dapat dimainkan pada segala macam pemutar musik digital.

Juru bicara Microsoft telah menyatakan bahwa pihak mereka telah memperkerjakan sebuah team full-time untuk memerangi pelanggaran tersebut dan bahwa sistem pada Windows Media DRM telah dirancang untuk mematikan serangan semacam itu.

Sementara pihak Microsoft terus bertahan dalam mengerjakan proteksi penggandaaan, tidak demikian dengan sikap dalam industri ini yang mulai bergeser.

Apple Inc. telah memodifikasi toko online-nya, iTunes untuk memblokir serangan pada skema FairPlay-nya. Namun juru bicara Apple mengemukakan bahwa pihak mereka telah sampai pada akhir dari proteksi musik digital awal tahun ini.

“Terlalu banyak orang-orang pintar di dunia ini dengan waktu banyak yang suka menemukan rahasia seperti itu dan menyebarkannya sehingga semua orang mendapatkan musik secara gratis,” demikian ditulis oleh Steve Jobs, kepala perusahaan Apple dalam esai online-nya. “Mereka hampir selalu berhasil melakukannya, jadi perusahaan manapun yang hendak mencoba memproteksi isi dengan menggunakan DRM harus secara teratur meng-updatenya dengan yang terbaru. Ini seperti pemainan kucing dan tikus.”

Toko Apple iTunes telah mulai menjual musik DRM-free dari katalog EMI Group PLC pada bulan Mei. Di bulan yang sama, Amazon.com Inc menyatakan bahwa mereka akan mulai menjual track dalam format MP3 yang tidak terproteksi.(bhineka post)

About sugoistanley

Me is just another ordinary boy in this world....Iam not a hacker but i believe someday I Will...

Posted on July 18, 2007, in Download, Hacking, My Daily Life. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s