Logon Studio 1.0 – Membuat Sendiri Halaman Logon

Selasa 31 July 2007

Holla,,

artikel workshop ini saya dapat dari chip online .🙂

download software LogOnStudio di sini

Workshop ini mengajak Anda membuat sendiri halaman logon Windows  XP sesuai dengan keinginan dan kepribadian Anda.
Kali ini CHIP mencoba mengajak Anda untuk membuat halaman logon sendiri dengan langkah yang sistematis dan mudah untuk diikuti. Untuk membuat halaman logon ini, CHIP menggunakan software Logon Studio 1.0 (http://www.stardock.com). Software ini digunakan karena menawarkan kemudahan dalam membuat halaman logon. Mulai dari mengganti background, mengubah message, sampai mengganti icon, warna, tulisan, dan letak suatu item dalam halaman logon, dapat dilakukan oleh Logon Studio 1.0 ini.

Untuk membuat halaman logon, pada dasarnya diperlukan suatu rancangan atau desain yang menarik, sesuai dengan selera pembuatnya. Oleh karena itu, yang perlu Anda siapkan adalah gambar dan icon yang menarik. Untuk gambar, software ini hanya mampu mengenali gambar BMP atau Bitmap saja. Apabila Anda memiliki koleksi gambar berformat selain BMP, misalnya JPEG, TIFF, atau RAW,  sebaiknya konversikan terlebih dahulu gambar-gambar tersebut agar dapat dikenali oleh software ini. Untuk mengkonversinya, Anda dapat menggunakan program seperti Photoshop. Anda cukup melakukan “Save As” dengan format BMP tersebut.

Untuk icon, Anda dapat mencari dan men-download-nya terlebih dahulu dari Internet. Banyak sekali alamat website yang menyediakan icon-icon di Internet. Setelah semua gambar dan icon telah tersedia, Anda sudah dapat mengikuti workshop ini. Selamat mencoba.
1. Membuat dan mengedit halaman

Image

 

Setelah software ter-install dalam PC, jalankan software Logon Studio 1.0. Setelah software terbuka, Anda akan ditawarkan dua pilihan, yaitu membuat halaman logon baru atau mengedit halaman logon yang sudah ada. Untuk membuat halaman logon baru, klik “New”, sedangkan untuk mengedit halaman yang sudah ada, klik “Edit”. Untuk workshop ini, Anda pilih “New”untuk membuat halaman logon baru. Pada jendela berikutnya isilah degan informasi yang Anda inginkan, lalu klik “Create”. Informasi ini untuk memberitahukan siapa pembuat dari halaman logon.
2. Mengatur Panel

 Image

 

Langkah selanjutnya adalah melakukan setting panel. Default tampilan logon terdiri dari tiga bagian pokok, yaitu Top Panel, Center Panel, dan  Bottom Panel. Ketiga bagian tersebut dapat diganti properties-nya seperti warna, gambar, ukuran, dan lain-lain. Caranya dengan mengklik “Panel”, kemudian klik bagian yang ingin Anda ubah, misalnya Top Panel. Lalu lihat boks di bawahnya yang berisi properties-nya. Untuk menggantinya, klik pada pilihan yang ada. Sementara panel pendukung yaitu “Devider” digunakan untuk mengganti gambar pemisah.
3. Mengatur Message

Image

 

Pada bagian ini Anda dapat membuat pesan-pesan yang biasa muncul di halaman logon. Bagian-bagian dari message adalah “Welcome”, “ShutDown”, “Notice”, “Login Notice”, “User Name”, dan “User Status”. Welcome adalah bagian yang biasa muncul saat Windows baru dijalankan. ShutDown biasanya berisi pesan “Turn Off Computer”. Notice berisi “After you log on, you can add or change accounts”. Login Notice berisi pesan “To begin, click your user name”. Untuk membuat pesan tersebut, klik pada salah satu bagian message, dan ketik pesan sesuai keinginan Anda.

4. Mengatur Button dan Pictures

Image

 

Bagian Buttons berisi icon-icon gambar yang terdapat pada halaman logon, seperti icon shutdown, tanda panah kanan, icon tanda tanya, dan icon up. Klik “Button” untuk mengganti icon-nya. Kini pilih bagian yang ingin Anda ubah, misalnya ShutDown. Kemudian, lihat ke boks yang ada di bawahnya (properties). Klik option “picture” lalu klik kotak kecil di sebelah kanannya. Pada jendela yang muncul, klik “browse” untuk memilih icon, pilih gambar yang ingin Anda gunakan. Untuk mengatur bagian Picture yang ada di bawah Buttons, Anda dapat menggunakan cara yang sama.
5. Mengatur User Account

Image

 

Langkah selanjutnya adalah mengatur “User Account”. Di sini Anda dapat mengubah letak, warna, ukuran, frame user account. Untuk menggantinya, klik “User Account” untuk memunculkan “properties”-nya. Kemudian, klik “Account” untuk menentukan posisi “User Account”. Pilih posisi yang Anda sukai dan klik  “OK”. Option “Width”  dapat digunakan untuk mengatur ukuran frame user name Anda. Disarankan untuk tidak mengganti ukuran tersebut, agar keseimbangan halaman tetap baik. Sementara frame picture dapat diganti dengan menggunakan cara yang sama.

6. Save dan Preview

Image

 

Langkah terakhir adalah menyimpan halaman logon yang telah Anda buat. Setelah semua setting halaman logon sudah selesai diatur, simpan dengan mengklik icon disket. Beri nama dan tentukan lokasi penyimpanannya. Setelah selesai, klik icon paling kiri yang berlambang pallete. Icon ini untuk menyimpan sekaligus mengaktifkan halaman logon Anda. Apabila Anda kurang puas dengan desain tersebut, Anda dapat mengganti lagi beberapa item sesuai keinginan. Perlu diingat, tampilan pada software terkadang tidak selalu sama dengan tampilan pada halaman logon.

Author: Surya
Source: CHIP 06/2005

About sugoistanley

Me is just another ordinary boy in this world....Iam not a hacker but i believe someday I Will...

Posted on July 31, 2007, in Download, Hacking, My Daily Life. Bookmark the permalink. 5 Comments.

  1. sangat bagus untuk mereka yang ingin berkreasi

  2. thank ya logon studio nya

  3. mampirlah ke web aq..:)

  4. img alt=”icon” src=”/bedengan.jw.lt”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s