Menjelajah 10 distro utama Linux (1)

Rabu 15 Agustus 2007

Holla,,

Sistem Operasi Microsoft Windows dikembangkan dan diedarkan oleh sebuah perusahaan tunggal yang diedarkan hanya dengan aplikasi yang minimal (kalkulator, sedikit permainan, beberapa tool jaringan, sebuah internet browser dan lain-lain. Beberapa software dapat digunakan dari berbagai sumber dan diinstall pada sistem operasi.

Beda dengan GNU/Linux. Sistem operasi GNU/Linux dibuat dari kernel Linux, tool GNU, sebuah program instalasi, sebuah manajemen paket dan banyak software yang disertakan. Dikarenakan dari semua komponen ini adalah bebas untuk digunakan dan di distribusikan, setiap orang dapat mengubah dan memperbaiki software tersebut sesuai dengan kebutuhan dan membuat sistem operasi GNU/Linux versi mereka sendiri. Sejak 1993, banyak orang dan perusahaan telah mendistribusikan sistem operasi Linux. Distribusi membuat mudah orang untuk mendapatkan dan menginstall sebuah sistem GNU/Linux pada komputer mereka.

Pada awalnya hanya sedikit distribusi yang tersedia. Sekarang telah banyak, sehingga sangat sulit untuk membandingkannya. Website http://www.distrowatch.com menyebutkan lebih dari 350 distribusi dan ulasan tentang rilis terbaru hampir setiap hari. Tentu saja, beberapa distribusi sangat mirip, meskipun beberapa berbeda dengan yang lain. Tergantung pada kebutuhan anda akan menyukai beberapa daripada yang lain.

Semua distribusi termasuk kernel Lnux yang dikembangkan oleh Linux Torvalds dan tool GNU yang dikembangkan oleh Richard Stallman, tetapi tidak perlu menggunakan versi yang terbaru. Beberapa distribusi bahkan mengubah kernel mereka. Distibusi biasanya berbed dalam pilihan aplikasi software yang ditawarkan, aplikasi software biasanya dikonfigurasi sesudah diinstall dan ditingkatkan kemampuannya. Distibusi juga berbeda dalam beberapa aspek seperti filosofi terhadap software propietary, prioritas antara penggunaan yang mudah dan efisien antara stabilitas dan teknologi yang terbaru. Faktanya, setiap distribusi berbeda dan ini artinya adan 350 cara dalam menjalankan GNU/Linux.

Tentu saja beberapa distribusi lebih populer dibandingkan yang lain. Artikel ini dibuat untuk 10 distribusi yang paling terkenal dan populer : Debian, Slackware, Fedora, Mandriva, Suse, Knoppix, Ubuntu, Gentoo, Mepis dan Xandros.

1 Debian
Debian adalah salah satu distribusi GNU/Linux yang paling tua, yang dibuat pada tahun 1993 oleh Ian Murdock yang memberi nama dengan kombinasi antara namanya sendiri dengan nama kekasihnya (sekarang istri) Debra. Proyek Debian tidak komersil dan merupakan kumpulan lebih dari ribuan pengembang di dunia. Sebuah organisasi yang sempurna dan panduan yang jelas membuat Debian rilis yang terkenal akan stabilitas dan reabilitasnya. Proyek ini sangat ambisius dan mendukung lebih dari 15000 paket dn 11 arsitektur: m68k, SPARC, Alpha, Power PC, x86, IA_64, PA-RISC, MIPS (big and little endian), AARM dannn S/390. AMD64 juga didukung meskipun tidak termasuk dalam distribusi. Debian terkenal karena penganut Unix yang sangat kuat dan filosofi software bebas, stabilitasnya dan komunitas yang sangat besar. Juga dokumentasi yang sangat bagus dan telah diterjemahkan kedalam banyak bahasa. Manajemen paket software-nya sangat bagus dan diadopsi oleh banyak distribusi yang lain. Meskipun yang dimaksud adalah distribusi untuk keperluan yang umum, kualitas rilisnya membuat Debian sebagai distribusi pilihan untuk server.

Debian menyediakan tiga cabang : “Stabil” yang mewakili rilis terbaru, “Tidak stabil”, dimana berubah terus menerus dan “Pengujian” dimana memberikan rilis apa yang akan keluar. Meskipun mungkin menggunakan “Pengujian” dan tetap mengikuti perkembangan, banyak orang yang tidak suka dengan siklus rilis yang sangat lambat, dimana cabang “Stabil” menjadi tertinggal. Untuk alasan ini Debian sebagai distribusi serius dan stabil tapi tidak sebagai distribusi per-potong dan reaktif. Opsi tertinggal ini digabungkan dengan tidak adanya instalasi grafis atau tool konfigurasi membuat Debian terlihat sulit digunakan dan lambat berkembang. Ketika masuk desktop, banyak orang lebih menyukai siklus rilis yang cepat, konfigurasi yang mudah, instalasi grafis dan mudah dalam penggunaan… dan Debian tidak memiliki hal tersebut.

Official website: http://www.debian.org
+ Filosofi Open Source, proyek non komersil, komunitas yang kuat, paket pilihan dan arsitektur yang didukung sangat banyak, salah satu manajemen paket yang terbesar, dokumentasi yang bagus, sangat stabil dan rilis yang teruji, modular, cepat.

siklus rilis yang lambat, instalasi basis teks, kurangnya tool koonfigurasi.

2 Slackware
Dibuat pada tahun 1992 oleh Patrick Volkerding, Slackware adalah distribusi GNU/Linux yang tertua, yang sangat aman, stabil dan beberapa kali direkomendasikan untuk instalasi server. Manajemen paket yang minimal dan tidak butuh dependensi, instalasi dan konfigurasi berdasarkan teks dan hampir semuanya bisa dilakukan dengan file konigurasi. Slackware tidak menawarkan tampilan grafis dan tool konfigurasi yang menarik. Ketika Patrick ditanya mengaa rilis Slackware tidak mempunyai kode nama, di hanya menjawab bahwa itu tidak perlu. Faktanya distribusi ini lebih condong pada stabilitas dan lebih dikenal sebagai bug free. Sistem administrator biasanya mengatakan kalau Slackware adalah distribusi GNU/Linux yang lebih mirip Unix. Kebanyakan paket digunakan dalam bentuk asli tanpa improvisasi dari Slackware. Slackware biasanya tidak disarankan bagi pengguna pemula meskipun sangat mudah dikonfigurasi dan mungkin sebagai salah satu distribusi yang sedang berkembang. Apa yang sedang dipelajari oleh pengguna ketika mengkonfigurasi Slackware biasanya diaplikasikan ke distribusi yang lain. Dibandingkan dengan tool konfigurasi spesifik yang dimiliki distribusi yang lain, pengguna harus memodifikasi setting dalam file konfigurasi sehingga dia harus belajar tentang seluk-beluk Linux yang umum untuk semua distribusi. Untuk alasan ini distribusi Slackware biasa digunakan oleh sistem administrator, dengan harapan pengguna pemula dan pengagum Slackware.

Official website:
http://www.slackware.com

+ Stabilitas, keamanan, kesetiaan yang kuat terhadap prinsip Unix,
kecepatan dan performance.

manajemen paket minim, rilis yang jarang, pengenalan hardware yang
terbatas.

sumber : hitechnews

About sugoistanley

Me is just another ordinary boy in this world....Iam not a hacker but i believe someday I Will...

Posted on August 15, 2007, in Download, Hacking, Internet, My Daily Life, Networking, Umum. Bookmark the permalink. 3 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s