10 perilaku pengguna Internet di Indonesia

Rabu 5 September 2007

Holla,,

Ketika orang Indonesia membuka komputer/laptop mereka, entah di warnet, di kantor, atau pun di rumah, kira-kira apa saja yang pertama kali mereka buka? Mari kita reka-reka, apa saja yang biasa dibuka oleh warga Indonesia ketika mereka membuka Internet (dari statistik, dapat diperkirakan pula bahwa pengguna Internet kemungkinan masih didominasi penduduk muda usia berdasar website yang dibuka)

# Semua data didapatkan dari Alexa, keakuratan tentu masih dipertanyakan, tapi cukup menggambarkan perilaku pengguna internet kita, studi lanjut tentu saja tetap dibutuhkan

Pertama, layanan pertama yang biasa dibuka adalah layanan email dan layanan ini adalah layanan email. Selama saya di Singapura, hanya orang-orang dari Indonesia dan Vietnam lah yang mempergunakan layanan Yahoo Messenger. Dan yang memiliki layanan Yahoo Messenger biasanya menggunakan Yahoo! Mail pula sebagai layanan emailnya.

Kedua, setelah mereka selesai mengecek email mereka akan membuka Friendster, entah sekedar ngeAdd friends, atau kasih comment/testimonial, upload foto, dst. Layanan social networking friendster memang sangat populer di kawasan Asia Tenggara, mereka cukup merajai di sini, dengan pangsa pasar 45% di Filipina, 15% di Malaysia, 14% di Singapura, dan 13% di Indonesia.

Ketiga, setelah puas ber”silaturahim” dengan Friendster, mencari dengan Google Indonesia menjadi pilihan. Setidaknya paling tidak masyarakat Indonesia masih suka mencari informasi.

Keempat, ngeBlog, dan nampaknya layanan dari Google yakni blogspot/blogger masih menjadi pilihan yang lebih baik ketimbang yang lain seperti multiply, wordpress, dkk. Nampaknya blogging dan blogwalking mulai menjadi gaya berinternet. Sama seperti ketika anda sedang membaca tulisan ini -)

Kelima, download. Rapidshare.com walaupun mungkin agak lambat diakses dari Indonesia, tapi ternyata dia masih menduduki peringkat yang lebih tinggi dari server lokal seperti GudangUpload. Entah apa saja yang didownload dari sini, tapi kemungkinan sih semacam software warez (pirated one) dan film.

Keenam, nonton video. Seperti di negara lain, YouTube masih menjadi pilihan, seperti saya di sini yang biasa pake YouTUbe untuk nonton…. extravaganza -)

Ketujuh, setelah puas nonton video, barulah mereka mengikuti diskusi di Kaskus. Well, kaskus nampaknya memang masih unbeatable untuk urusan forum online. Mengingat kaskus menjadi ikon forum “segala aya“.

Kedelapan, cukup menarik, dimana orang Indonesia ternyata juga tidak melupakan Wikipedia sebagai sumber Informasi. Bagi para mahasiswa, wikipedia adalah tempat terbaik untuk “copy-paste” buat dikumpul ke dosen mereka, maklum tugas-tugas bejibun, gak sempat ketak-ketik sana-sini, meding copy paste dari wikipedia -D

Kesembilan, setelah yang ringan-ringan tadi, barulah orang buka detik buat lihat berita. Well, nampaknya berita masih kalah pamor dari pada situs “ringan-ringan” di atas. Setidaknya setiap pengguna internet selalu terupdate lah dengan berita terkini.

Kesepuluh, bingung, semua website-website pilihan sudah dibuka, masih ada waktu lebih, akhirnya mereka menghabiskan waktu dengan melihat-lihat situs … ihik-ihik …😛, nama website nya bisa dilihat sendiri di Alexa🙂. Orang Indonesia nampaknya tidak bisa lepas dari ihik-ihik ini, sampe-sampe ada kampanye demi menyelamatkan moral bangsa Indonesia dengan kampanye, “Jangan Bugil di Depan Kamera“. Sementara kebanyakan negara lain (negara yang maju) akses website ihik-ihik umumnya terlempar dari 20 besar, eh di Indonesia masih masuk di 20 besar.

Kira-kira inilah sekilas perilaku pengguna Internet di Indonesia di masa kini. Apakah gambaran ini mirip dengan anda? -)

sumber kopi pes : andri (sorry bung kelupaan saya😀 )

About sugoistanley

Me is just another ordinary boy in this world....Iam not a hacker but i believe someday I Will...

Posted on September 5, 2007, in Artikel, Download, Hacking, Internet, My Daily Life, Networking, Umum. Bookmark the permalink. 22 Comments.

  1. Wew, great information, thanks alles

  2. bagian chatting kok ga ada om??
    chatting jga kayaknya harus masuk rating nih:mrgreen:

  3. heheh…
    bingung penjelasannya kaya gimana…

  4. habis kedua trus sebelum ketiga aja🙂
    eh btw nicknya kok urlnya ga valid yah.. susah balik kesini nih😦

  5. hahahaaa, setelah jadi mahasiswa baru tau gw fungsinya Wikipedia.. cintasejatiku! hahaa

    dan sepertinya memang begitu adanya. Usul! CS dan GB g termasuk ya mas?

  6. hehhe… sudah termasuk dalam Game y khan ki…

    lo bukannya Kuliah!

  7. waw….kok bisa ya tulisannya sama persis dengan punyaku …. bukannya masnya pengikut JACP (jangan asal copy paste) ….🙂

  8. go sugo, ada yang protes tuh artikel nya lo kopi pes.. gmn se? sebutin sumbernya bos🙂

  9. Ini copy paste dari blognya Andri ya ? Ayo dong ah, masya copy paste tanpa menuliskan sumber…

  10. @ALL

    Maaf kemarin kelupaan saya naruh sumber nya..
    padahal dah coba di inget2

    doh parah !

  11. blom pernah disodom sandy? makanya jgn kupi pasti

  12. iya mas lain kali hati2 kalo “nyadur”, inget loh! kita di awasin, copyscape mengawasi “kloning” semacam ini, makannya ketauan ;P

  13. bukannya di blog ini ada banner jangan asal copypaste?

  14. @hielmy

    Maka dari itu mas helmy untung saja ada teman2
    yang kasih tau dan langsung saya ganti!

    @dkmfahutan

    Benar itu! dalam kasus ini terjadi faktor
    Human error (kelupaan :D) padahal di setiap post
    yang kopi pes selalu saya kasih sumbernya!

  15. Ha ha ha ha ah aha a…. Bener2 Human Error muaaanteb kayak politikus he he

  16. eleh eleh..jelekin diri sendiri..malu ah

  17. Daripada kopi paste, mendingan kalo interest sama artikelnya yang dipaste linknya aja…

  18. soal copy paste boleh2 aja asal penulisnya iklas dan redo, palagi kalo artikelnya bagus kyk bgini…gak asal posting, mencerdaskan, menambah wawasann baru

  1. Pingback: .: Thoughts :. » Duxxsss… Giliran aku deh yang kena bajak

  2. Pingback: Jadi TERSANGKA selama sehari! « The Silent Comes Early

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s